Waspada Bahaya Kosmetik Palsu

Bahaya Kosmetik Palsu
Lintas Cewek - Hati – hati terhadap pemutih dan kosmetik palsu. Pada saat ini banyak wanita selalu ingin tampil cantik dan putih. Katanya kulit putih akan menambah kecantikan bagi seorang wanita sehingga banyak wanita yang berlomba – lomba memakai pemutih. Ternyata banyak diantara kosmetik yang beredar itu mengandung merkuri yang sangat berbahaya bagi kesehatan kulit dan tubuh. Pemutih – pemutih palsu yang beredar di pasaran banyak yang di buat secara rumahan/tradisional atau pabrik.

Bagaimana efek merkuri pada wajah dan tubuh?
Merkuri sebagai zat kimia jika dioleskan ke wajah akan menimbulkan radang, hal ini menyebabkan kapiler – kapiler di wajah akan melebar sehingga aliran darah yang menuju kulit wajah akan meningkat. Hal ini menyebabkan tampak merah, bengkak dan meradang pada wajah dan menimbulkan rasa nyeri. Biasanya efek ini timbul mulai 2 minggu – 1 bulan setelah pemakaian tergantung dari sensitifitas kulit dan banyaknya dosis merkuri di dalam cream pemutih. Jika hal ini terjadi maka tak lama kemudian akan menimbulkan kerusakan pada kulit seperti timbul flek hitam – hitam, benjolan – benjolan, rasa nyeri seperti terbakar, kemerahan, dll. Sedangkan pada tubuh, merkuri yang terserap ke dalam tubuh melalui kulit akan menyebabkan kerusakan ginjal dan dalam jangka lama akan menimbulkan kanker.

Bagaimana membedakan kosmetik asli dan kosmetik palsu ?
Untuk membedakan antara kosmetik asli dan palsu susah – susah gampang karena para pemalsu sudah semakin pintar membuat kemasan yang menyerupai aslinya walaupun di buat secara tradisional, selain itu para pemalsu kosmetik sering menggunakan merk – merk cina sehingga banyak pembeli yang kurang menaruh curiga.

Beberapa tips yang dapat digunakan untuk membeli kosmetik dengan aman
  • Belilah kosmetik asli buatan indonesia sebab kosmetik asli buatan indonesia biasanya berasal dari bahan – bahan alami asli indonesia. Carilah produk kosmetik asli indonesia yang sudah terkenal seperti martha tilaar, sari ayu, citra, dll
  • Anda harus curiga jika anda membeli sebuah produk kosmetik yang sudah anda sering beli  tapi dengan harga di bawah standar. Ini sangat mencurigakan karena banyak produk – produk kosmetik yang sudah di palsukan di pasaran
  • Lihatlah no registrasi Badan POM atau izin edarnya sebelum membeli sebuah produk kosmetik. Jika tidak ada maka lebih baik jangan di beli.
  • Selain aman menurut kesehatan, bagi anda seorang muslimah maka label ”HALAL” dari MUI harus menjadi pilihan utama. Produk kosmetik yang ada label HALAL insya Allah aman di pakai dan membawa pahala.
Sumber