Trik memilih Sepatu Yang Baik dan Sehat

Memilih Sepatu

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan.  Ketika memilih sepatu, sesuaikan pilihan sepatu dengan kebutuhan Anda.  Misalkan Anda ingin menggunakan sepatu untuk acara pesta, maka sebaiknya  jangan pilih sepatu dengan jenis kets. Ketika musim hujan, sebaiknya hindari menggunakan sepatu hak tinggi karena akan lebih mudah tergelincir.  Jika tidak biasa untuk menggunakan sepatu dengan hak tinggi sebaiknya jangan memaksakan diri. Karena jika tak  terbiasa, salah-salah Anda justru bisa terkilir, varises, sampai nyeri  punggung.
  2. Sesuaikan warna. Tabrak warna memang sedang banyak diminati  oleh para perempuan. Penggunaan warna yang senada dengan busana atau tas misalnya, cenderung  ditinggalkan karena terlihat monoton.  Pilihan warna yang beragam dapat dipadukan dengan berbagai model dan warna pakaian. Tapi tetap harus  perhatikan aturan memadukan warna agar tidak merusak penampilan
  3. Pilih hak sepatu yang sesuai. Saat memilih hak sepatu,  sebaiknya perhatikan ketinggiannya. Biasanya ketinggian sepatu yang  banyak digunakan perempuan Indonesia maksimal 7 cm. Boleh saja lebih tinggi, tapi jika tidak terbiasa akan m1. Pegang sepatu di bagian tumit dan ujungnya. Pastikan kedua bagian ini fleksibel dan tidak keras. Kedua bagian ini memiliki bagian penting saat berjalan, di mana fleksibilitas serta teksturnya akan memengaruhi tumit dan jari kaki agar tak mudah lecet.
  4. Hak Tinggi Yang baik Jika memilih sepatu dengan hak tinggi, pastikan haknya tepat berada di bawah pusat tumit Anda. Jika haknya terlalu di depan atau di belakang sepatu, Anda akan memiliki masalah keseimbangan.
  5. Pilih sepatu yang memiliki bidang palsu Pilih jenis sepatu yang memiliki bidang palsu. Misalnya pada sepatu dengan ujung yang runcing. Sepatu ini memiliki bidang luas di bagian datarnya, sehingga ada sisa bidang palsu (kosong) di atasnya. Ini menghindarkan rasa kaku dan nyeri pada jari kaki.
  6. Uji Bantalan Sepatu. Sebelum membeli sepatu, biasakan untuk menguji bantalan (bagian dalam sepatu) dengan cara menekan jari ke dalam sepatu. Pastikan bantalan ini terasa empuk agar nyaman dipakai.
  7. Hindari bahan sintetis Sebisa mungkin hindari memilih sepatu dengan bahan sintetis. Pilih sepatu yang terbuat dari kulit, suede, atau kain. Penggunaan bahan-bahan yang bernafas ini akan mengurangi kemungkinan kaki melepuh.embuat kaki sakit dan tidak nyaman
  8. Tren. Ketika memilih sepatu, tak ada salahnya memilih untuk menyukai sepatu dengan model yang sedang tren dan disukai banyak orang. Agar tak terkesan ketinggalan mode, boleh saja pilih sepatu yang sedang happening sekarang ini. Namun jangan juga sampai jadi korban mode.
  9. Perhitungkan berat badan.  Berat badan Anda jadi satu hal penting yang harus diperhatikan. “Untuk  perempuan yang bertubuh gemuk sebaiknya hindari untuk menggunakan sepatu  dengan hak tinggi. Sepatu dengan hak yang terlalu tinggi  jika digunakan pada perempuan yang bertubuh gemuk akan membuat semua beban tubuh bertumpu di perut dan tubuh bagian depan. Hal ini akan  membuat tubuh tidak terasa nyaman bahkan justru malah sakit.
  10. Sesuaikan dengan model.  Model sepatu sangat berpengaruh dengan keseluruhan penampilan sepatu.  Ada banyak model sepatu yang bisa menjadi pilihan, misalnya bentuk  sepatu dengan ujung yang sedikit terbuka, lancip, bulat atau lainnya.  Sesuaikan dengan bentuk kaki Anda agar sepatu terlihat indah di kaki  Anda dan bisa mempercantik penampilan Anda.
Sumber