Ternyata Cowok Lebih Sulit Membaca Ekspresi Wajah

Membaca Ekspresi Wajah

Lintas Cewek -  Ditemukan ternyata cowok lebih sulit dibandingkan cewek untuk membaca maksud dari pada eksppresi wajah.
Para ilmuwan dari Universitas Edinburgh melibatkan sekelompok pria dan wanita yang ditunjukkan foto-foto wajah dengan berbagai emosi.Setiap menjawab pertanyaan, otak mereka dipindai.

Ketika ditanyakan apakah wajah dalam foto itu adalah lelaki atau wanita dan seberapa cerdas mereka, hanya ada sedikit perbedaan antara jawaban wanita dan pria.

Tapi ketika ditanya seberapa besar orang-orang itu mampu didekati jika melihat dari ekspersi wajah mereka, para pria ternyata lebih sulit untuk memberi penilaian ketimbang wanita.

Meskipun jawaban akhir mereka kurang lebih sama dengan para perempuan, namun ternyata mereka lebih lama dalam merumuskan pendapat.

Ketika dilihat, hasil scan otak menjukkan aliran darah yang cukup besar ke daerah pada otak yang berkaitan dengan penilaian tentang emosi.

Ini, kata peneliti, menjelaskan, bahwa otak laki-laki harus bekerja keras untuk membuat keputusan sosial.

Pemimpin penelitian Profesor Lawrie Stephen mengatakan, pria lebih mungkin untuk salah membaca emosi atau ekspresi orang.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Plos ONE diharapkan bisa digunakan sebagai pengobatan bagi penderita autisme yang sering mengalami kesulitan membaca mimik atau ekspresi wajah.

Karena ketika penelitian ini dilakukan terhadap mereka yang menderita autisme, ditemukan aliran darah ke daerah penilaian emosional bahkan lebih besar.

"Temuan kami menunjukkan bahwa laki-laki telah mengembangkan strategi untuk mengatasi empati yang lebih rendah dengan lebih mengaktifkan bagian dari otak yang memahami isyarat-isyarat sosial. Karena pola ini juga terlihat pada orang dengan autis, itu menunjukkan kita bisa menyusun alat-alat baru untuk membantu pasien belajar aturan-aturan sosial dan meningkatkan keterampilan mereka terlibat dengan orang lain," katanya, seperti dikutip dari dailymail.co.uk.



Sumber