Tips Mengurangi Stress Saat Kerja

Tips Mengurangi Stress Saat Kerja
Lintas Cewek - Bekerja dapat membuat Anda stres. Sederhana saja sebabnya. Telepon tidak berhenti berdering. Rekan kerja di seberang Anda tidak berhenti bicara. Ada banyak hal yang harus dilakukan, namun waktunya terbatas.

Meski stres dengan tingkat yang wajar bisa menjadi penyemangat yang baik, stres berat dapat memengaruhi produktivitas, belum lagi kesehatan emosional dan fisik Anda.

Anda tidak dapat mengatur segala hal di lingkungan kerja, namun ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan Anda.

Fokus pada satu tugas

Jika Anda merasa seperti ditarik ke berbagai arah, mungkin memang itulah yang terjadi. Ketika Anda merasa sangat gelisah, fokuslah untuk menyelesaikan satu tugas terlebih dahulu. Tutup semua browser, situs internet dan semua aplikasi kecuali yang memang Anda perlukan.
Tutup email dan matikan nada dering telepon seluler. Berkonsentrasilah untuk menyelesaikan satu atau dua hal kemudian segarkan diri dan pulihkan energi Anda sambil membaca pesan yang mungkin terlewatkan.

Cari sinar matahari
Ketika bekerja di dalam ruangan kantor yang sama sepanjang hari, mudah untuk kehilangan sudut pandang dan email dari atasan atau berkas yang hilang dapat membuat seakan-akan saat itu adalah akhir dari dunia. Namun beberapa menit berada di luar ruangan dapat memberi Anda sudut pandang baru, membuat semua hal itu tidak seburuk kelihatannya.
Sinar matahari secara ilmiah telah terbukti dapat membuat Anda lebih bahagia. Tingkat serotonin (sejenis hormon yang memberi rasa nyaman) Anda dapat meningkat saat terkena cahaya yang terang, itu sebabnya mengapa suasana hati umumnya menjadi lebih baik saat musim panas. Saat bekerja, nikmati istirahat minum kopi atau makan siang di tempat yang terdapat sinar matahari. Atau, lakukanlah jalan-jalan singkat di luar ruangan jika rasa stres tiba-tiba muncul.

Bersihkan tempat kerja

Sulit untuk tidak merasa tertekan ketika meja Anda dipenuhi oleh berbagai kertas, berkas dan catatan-catatan bertumpuk serta yang sengaja ditempel untuk menarik perhatian Anda. Para ahli menyarankan untuk mengawali dan mengakhiri hari Anda dengan merapikan tempat kerja. Saya juga terkadang tidak melakukannya, namun saya mencoba untuk menjaga kebersihan.

Go green?

Memelihara tanaman di kantor atau ruangan Anda dapat mengurangi stres, meningkatkan kesehatan Anda, dan bahkan menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Washington State University menemukan bahwa para partisipan di dalam sebuah laboratorium komputer kampus yang memiliki tanaman dapat bereaksi lebih cepat, sedikit stres dan lebih bisa fokus dibandingkan dengan rekan mereka yang berada di ruangan yang tidak terdapat tanaman.

Nikmati teh hijau

Teh hijau (minuman yang dikonsumsi paling banyak kedua di dunia setelah air) memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi stres. Sebuah penelitian besar di Jepang yang menghubungkan teh hijau dengan berkurangnya tingkat stres dipublikasikan di ?American Journal of Clinical Nutrition?. Teh hijau mengandung asam amino L-tanin, yang membuat tenang dan menjaga daya konsentrasi Anda. Teh hijau mengandung kafein yang cukup dan lebih ramah terhadap tubuh dibandingkan kopi.

Berolahraga
Tidak peduli seberapa padatnya jadwal Anda, sisihkan waktu untuk berolahraga. Olahraga yang baik dapat membantu menghilangkan stres, menjaga rutinitas dan berpikir secara jernih. Aktivitas fisik membantu tubuh Anda menghasilkan lebih banyak endorfin (sejenis hormon yang memberi rasa bahagia), untuk menjaga suasana hati Anda tetap baik bahkan ketika hari-hari terasa sulit. Presiden Obama bahkan rutin melakukan latihan kebugaran, mengandalkan olahraga untuk memperkuat hidupnya.


Selain tips diatas anda dapat lakukan beberapa cara berikut :


  • Usahakan pekerjaan di kantor jangan dibawa pulang. Istirahatkan pikiran dan tenaga sewaktu di rumah dan lakukan aktivitas lain selain pekerjaan kantor. Kita bisa tidur, bermain dengan keluarga, menonton atau yang lainnya.
  • Bergaul dengan rekan kerja. Ciptakan keakraban dengan teman-teman di kantor sehingga kondisi nyaman di kantor selalu ada. Hal ini tentu akan meringankan beban pekerjaan kita.
  • Selalu bersyukur dengan pekerjaan anda saat ini. Dengan bersyukur kita akan bisa lebih menghargai pekerjaan. Ingatlah bahwa masih banyak orang yang kurang beruntung tidak memiliki pekerjaan di luar sana. Jadikan ini sebagai motivasi diri.
  • Kembangkan kemampuan diri sendiri. Lakukan proses pembelajaran untuk bisa menyelesaikan tugas-tugas kantor dengan cepat dan sempurna. Pelajari trik dan teknik terbaru yang memungkinkan. Seiring waktu berjalan kita pasti bisa menguasai pekerjaan yang kita tekuni setiap saat.
  • Gunakan waktu istirahat kantor untuk bersosialisasi. Kita bisa makan bersama, berbincang-bincang soal bisnis sampingan, jalan-jalan sebentar sambil cuci mata atau juga tidur siang sekitar 15 menit.
  • Sering-seringlah bercanda atau tertawa dengan rekan kerja terdekat. Namun jangan sampai berlebihan hingga mengganggu rekan kerja kita yang lain. Bercanda sesaat bisa melegakan pikiran dan menambah keakraban diantara rekan kerja.
  • Bawa gadget atau barang kesukaan ke kantor. Pastikan gadget yang kita bawa bisa menghibur sehingga kita merasa nyaman dan senang berada di kantor.
  • Buat usaha sampingan. Jika memungkinkan buatlah usaha sampingan supaya kita bisa sedikit tenang jika seandainya perusahaan mengalami krisis ataupun posisi kita sedang terancam di kantor. Saat libur atau cuti carilah peluang usaha yang bisa dijalankan dengan modal yang seadanya. Siapa tahu kita bisa menjadi pemilik bisnis yang suskes.

Cara menyeimbangkan stres berbeda bagi setiap orang, kuncinya mengetahui apa yang cocok bagi Anda. Apa yang Anda lakukan untuk tetap tenang dan menjaga kewarasan di tempat kerja?