Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam

Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam
Lintas Cewek - Tentunya wajah yang cerah dan bebas flek hitam merupakan dambaan kita, bukan? Tapi sayangnya problem flek hitam pada wajah datang begitu saja tanpa kita duga. Entah itu akibat penanganan jerawat yang salah, terlalu sering beraktifitas di bawah terik yang menimbulkan pigmentasi, ataupun akibat penggunaan kosmetik yang mengandung merkuri.
Terutama dialami oleh wanita paska kelahiran karena menggunakan obat kontrasepsi. Hormon-hormon yang terkandung dalam alat kontrasepsi (pil KB) dapat memicu produksi pigmen kulit sehingga menimbulkan flek pada wajah. Selain itu, pemakaian obat antibiotik, antiepilepsi dan anti radang dapat menimbulkan flek pada wajah.

Pemakaian kosmetik yang kemungkinan besar mengandung merkuri dan asam salisilat, pun dapat membuat wajah terserang flek. Karena bila digunakan terus menerus, akan menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap sengatan sinar matahari.
Disamping itu bagi anda yang sedang menjalani perawatan bekas jerawat, flek dan bekas jerawat, penggunaan hidrokuinon sudah biasa dilakukan di klinik kecantikan ataupun di dokter specialis kulit. Hidrokuinon adalah zat yang paling sering digunakan untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi pada kulit. Efek samping penggunaan hidrokuinon, secara umum hampir meningkatkan sensitivitas kulitnya terhadap matahari. Sehingga selalu disarankan ketika menjalani perawatan untuk menggunakan tabir surya, dan menghindari paparan sinar matahari yang berlebih.. Secara keseluruhan, yang paling umum efek samping hidrokuinon adalah kulit menjadi sensitif, dan diperingatkan untuk menghindari penggunaan sabun keras pada daerah yang diberikan zat ini.

Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam

Menghilangkan flek hitam dari permukaan wajah bukan perkara mudah karena membutuhkan perawatan rutin dan waktu yang cukup lama. Bila anda menyukai perawatan alami, maka anda bisa bahan-bahan di bawah ini.

  1. Menggunakan jus citrus. Sebenarnya jus citrus yang terkandung di dalam buah-buahan seperti jus lemon, jus jeruk, jus nanas, jus tomat, jus kismis merah, dll, sudah biasa digunakan untuk membuat kulit terang. Apabila kulit anda sensitif terhadap asam yang dikandungnya, anda dapat mencampurnya dengan air mawar dan madu. Oleskan jus citrus pada wajah dan kemudian, mencucinya setelah 15 menit.
  2. Anda juga dapat mengkombinasikan jus citrus dengan mentega susu. Caranya, ambil empat sendok teh mentega dan dua sendok teh jus tomat.
  3. Cara lain yang populer adalah dengan menerapkan kombinasi dari satu sendok makan jus bawang dan dua sendok makan madu selama sekitar 15 menit. Anda dapat menambahkan cuka jika memiliki kulit berminyak.
  4. Campuran susu asam, krim dan madu. Gunakan setiap hari selama sekitar sepuluh menit untuk menghilangkan bintik-bintik gelap alami.
  5. Jus lobak dicampur dengan susu hangat
  6. Buat pasta dari campuran air mawar dan serbuk cendana, oleskan pada wajah dan leher untuk menghilangkan bintik-bintik gelap atau bintik-bintik usia pada kulit.